Striker Asing Persebaya Surabaya Tidak Mencetak Gol Ketika Melawan Persita Tangerang, Pelatih Bajol Ijo Tetap Memberi Apresiasi

Penyerang Persebaya Surabaya, Jose Wilkson tidak berhasil melesakkan gol ketika klubnya menang atas Persita Tangerang dalam sambungan jornada ke-13 Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022. Klub asal Kota Pahlawan ini menang telak 4-0 atas Pendekar Cisadane di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/11/2021) malam.

Empat brace Bajol Ijo diciptakan oleh Bruno Moreira (68’), Samsul Arif (80’), dan dua gol lainnya dicetak oleh Taisei Marukawa (3’ dan 74’-penalti). Hasil yang merupakan kemenangan terbesar Persebaya Surabaya di musim ini.

Meskipun begitu, juru taktik Bajol Ijo, Aji Santoso, tetap mengirimkan apresiasi kepada striker berusia 29 tahun itu. Lantas apa yang membikin sang nahkoda memberikan pujian kepada sang penyerang?

“Saya sampaikan dalam tim, tugas utama seorang striker yang utama adalah mencetak gol. Tetapi, tidak hanya kewajiban Wilkson saja, pemain lain kalau bisa cetak gol itu lebih bagus,” ungkap Aji Santoso.

Diketahui, pilar asal Brasil ini sudah mengemas enam brace dan dua assist dalam 11 performanya bareng Bajol Ijo. Ia termasuk jajaran penyerang ganas di ajang kasta tertinggi sepak bola Indonesia saat ini.

Meskipun tidak menciptakan gol, pemain berpostur tinggi 190cm ini sesungguhnya memberikan kontribusi untuk dua gol yang dilesakkan oleh Bajol Ijo. Dia bahkan tidak egois dalam masalah menciptakan brace dan memberikan peluang kepada teman-temannya.

Perdana, Wilkson menyumbang assist untuk gol di menit ke-68. Itu berawal dari operan lambung di sektor tengah yang dikirimkan sang penyerang. Bruno Moreira sukses menerima dengan baik dan kemudian melepaskan sepakan mendatar yang tidak berhasil dibendung Try Hamdani.

Persebaya kembali melesakkan gol, kali ini via penalti. Itu terjadi usai Syaeful Anwar menjatuhkan punggawa bernomor punggung 84 di Persebaya Surabaya ini di kotak penalti. Biasanya sang pemain menjadi eksekutor penalti. Tapi, kali ini dia menyerahkannya kepada Taisei Marukawa di menit ke-75.

“Kami bermain secara kolektif dan sepak bola juga sangat kolektif. Meskipun Wilkson tidak bisa cetak gol malam ini, dia memberi assist yang cukup berarti buat kemenangan Persebaya,” imbuh pelatih asli Malang itu.

Sayang, pemain kelahiran 22 Maret 1992 itu tidak tampil penuh dalam laga ini. Dia ditarik keluar pada menit ke-76 lantaran menderita cedera. Samsul Arif masuk sebagai pengganti dan kemudian melesakkan gol penutup di menit ke-80.

“Jose Wilkson sepertinya kondisinya agak sedikit parah dengan cederanya di tulang kering. Kami akan melihatnya seperti apa,” tutur Aji Santoso.

Kemenangan ini membikin Bajol Ijo untuk sementara naik ke peringkat kelima klasemen sementara. Mereka sudah mengumpulkan 23 poin. Petikan ini sama dengan PSIS Semarang di posisi keempat, tetapi tim besutan Aji Santoso ini kalah head-to-head.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *