PT Liga Indonesia Baru Mengingatkan Bonek dan Pendukung Lain Untuk Tidak Hadir ke Stadion, Kalau Dilanggar Tim Bakal Dihukum!

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memperingatkan pendukung Persebaya Surabaya dan kelompok suporter lainnya untuk tidak hadir ke stadion serta menghelat nonton bareng partai kompetisi BRI Liga 1 2021/2022.

PT LIB mengacu kepada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 Tahun 2021 diktum kedelapan yang isinya “Pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion dan kegiatan menonton bersama oleh suporter juga tidak diperbolehkan.”

PT LIB dalam perkabaran di lamannya, Liga Indonesia Baru, menyinggung perkara Bonek yang nekat mengunjungi Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi pada 29 Agustus 2021, lantaran termakan hoaks Bajol Ijo tampil di sana pada hari itu.

“Fakta miris terjadi. Pada Minggu, 29 Agustus 2021, diduga satu di antara kelompok fanatik dari klub BRI Liga 1, datang ke sekitar Stadion Wibawa Mukti. Mereka berniat mendukung tim kesayangannya. Padahal, tidak ada pertandingan pada hari itu,” tulis PT LIB dalam narasinya.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita minta Bonek untuk tidak mengulang sikap seperti itu lagi, dan pula bagi kelompok pendukung lain, untuk tetap melihat klubnya dari rumah.

“Sudah ada penegasan dari pemerintah agar pertandingan digelar tanpa penonton. Suporter atau penonton, cukup mendukung dari rumah saja,” kata Lukita.

“Tak perlu berduyun-duyun datang ke stadion. Kepada rekan-rekan suporter, kami mohon kejadian tersebut jangan sampai terulang kembali,” jelas Lukita.

Kalau pendukung tetap memaksakan diri untuk hadir ke stadion, maka tim kesayangannya bakal dihukum. PT LIB sudah mempersiapkan sanksi tegas kepada pelanggaran tersebut.

“Jika kerumunan pendukung fanatik itu terjadi pada masa pandemi, sesungguhnya yang merugi adalah sepak bola Indonesia. Bagi klub yang memiliki ikatan erat dengan kelompok suporter yang bikin ulah itu, akan rugi besar. Klub tersebut akan mendapatkan hukuman tegas,” imbuh Lukita.

“Pemerintah sangat memerhatikan BRI Liga 1. Termasuk dari pihak kepolisian yang berwenang mengeluarkan izin. Ini perlu menjadi komitmen bersama agar pemerintah selalu memberikan lampu hijau untuk kompetisi,” ujar Lukita.

Sementara itu, Persebaya Surabaya bakal berjumpa dengan Borneo FC di Stadion Wibawa Mukti dalam pekan pertama BRI Liga 1, Sabtu (04/09/2021).

Juru racik Bajol Ijo, Aji Santoso memohon Bonek untuk tidak hadir ke Cikarang dan mendukung Persebaya lewat layar televisi.

Laga kedua klub itu akan ditayangkan secara langsung dan eksklusif oleh Indosiar dan platform live streaming Vidio pada pukul 18.15 WIB.

“Untuk suporter, saya berharap, ini permintaan pribadi dan tim, mohon untuk kompetisi kali ini jangan ada satu pun yang datang ke stadion,” imbuh Aji Santoso pada konferensi pers sebelum bertanding.

“Bukan berarti kami tidak butuh dukungan, kami sangat butuh. Tapi saat ini, kami butuh doa dari rumah. Jangan karena beberapa suporter, nama Persebaya tercoreng.”

“Ini yang dikhawatirkan. Kami yakin suporter mendukung kami dari rumah dan tidak ada nonton bareng di Surabaya. Kami mohon doa supaya Persebaya bisa bermain bagus,” ucap Aji Santoso.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *