Materi Punggawa Nyaris Komplit, PSM Makassar Mulai Memantapkan Taktik

Kedatangan penyerang baru asal Belanda, Anco Jansen, membikin materi pilar PSM Makassar meladeni persaingan di Liga 1 2021/2022 nyaris komplit.

Menurut nahkoda sementara Syamsuddin Batola, tim asal Makassar itu tinggal menanti hasil gerakan manajemen yang sedang menjalin hubungan intensif dengan beberapa nama bek asing bidikan.

Itulah mengapa dalam beberapa hari terakhir, Syamsuddin sudah memulai menyertakan menu latihna taktik kepada pilar didikannya. Mental para amunisi Juku Eja pula sudah dikondisikan dengan atmosfer ajang.

“Saya berharap seluruh pemain sudah paham dengan taktik dan karakter tim PSM. Kalau nantinya stopper asing bergabung, dia tinggal menyesuaikan,” kata Syamsuddin setelah latihan reguler PSM di Lapangan Bosowa Sport Centre, Senin (21/06/2021).

Saat ini, Syamsuddin masih mengandalkan duet lini belakang Juku Eja di Piala Menpora 2021, Erwin Gutawa dan Hasim Kipuw. Sementara stoper utama PSM Makassar, Abdul Rahman Sulaiman, sedang berupaya keras memulihkan keadaan dan sentuhannya usai istirahat lama sesudah melakoni operasi lutut.

Syamsuddin menambah menu latihan terkait taktik dan strategi namun ia hubungan dengan kandidat juru racik baru Juku Eja yang konsepnya datang di Indonesia pekan ini.

Sebelumnya CEO Juku Eja, Munafri Arifuddin mengungkapkan nahkoda anyar PSM Makassar tidak perlu waktu lama untuk menyesuaikan diri lantaran sudah sempat menukangi sejumlah tim di Indonesia.

“Kami butuh pelatih yang sudah berpengalaman dan tahu kondisi kompetisi Indonesia. Apalagi, durasi persiapan PSM menghadapi Liga 1 terbilang pendek,” terang Munafri yang sudah menjadi CEO PSM sejak 2016.

Di bawah kendali Munafri, prestasi Juku Eja terbilang stabil di era Liga 1. Pada musim 2017, PSM Makassar berada di posisi ketiga klasemen akhir. Musim selanjutnya, Juku Eja menjadi runner-up di bawah Persija Jakarta.

Sementara di kompetisi kasta tertinggi Indonesia musim 2019, Juku Eja memang cuma menduduki papan tengah. Tapi, pada musim itu, PSM Makassar berhasil memetik gelar kampiun Piala Indonesia 2019.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *