Ketika Seluruh Tim Meliburkan Kegiatan Klub Menyongsong Lebaran, Persipura Jayapura Terus Menyusun Kekuatan di Batu

Persipura Jayapura jadi satu-satunya klub yang masih aktif menghelat persiapan sampai saat ini. Saat klub lain sudah meliburkan latihan menyongsong Hari Raya Idul Fitri, klub asal Jayapura ini meneruskan TC di Kusuma Agro Wisata, Kota Batu.

Sejak 5 Mei lalu, Mutiara Hitam berlatih pagi dan sore untuk persiapan terjun di Grup B Piala AFC 2021 yang dilaksanakan 29 Juni-7 Juli mendatang. Tapi sebelum itu, mereka telah menghelat pemusatan latihan di Surabaya dan melakoni serangkaian uji tanding.

“Sekarang kami berada di Batu sampai menjelang berangkat ke penyisihan Piala AFC di Singapura,” jelas pelatih Persipura, Jacksen Tiago.

Seperti diketahui Mutiara Hitam menurunkan Grup H di Singapura. Mereka bakal menghadapi Kedah FA (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam).

Artinya, tim besutan Jacksen F. Tiago itu bakal menyusun kekuatan di Batu nyaris dua bulan. Lantaran mereka baru berlaga akhir bulan depan. Tetapi begitu, tim Mutiara Hitam telah terbiasa. Mengingat nyaris tiap musim Boaz Salossa dan rekan-rekan melakoni pemusatan dalam rata-rata satu bulan di Batu.

Meskipun masih dalam nuansa Ramadhan, menu latihan Persipura tidak mengubah menu latihan. “Tetap pagi dan sore seperti biasa. Tidak ada yang berubah,” jelasnya.

Maklum, mayoritas punggawa Mutiara Hitam memang bukan Muslim. Cuma ada sedikit amunisi yang tetap menjalankan ibadah puasa. Winger M. Tahir salah satunya. Tetapi skuat arsitek tidak membedakan menu latihan. Seluruhnya tetap dapat porsi yang sama.

Tetapi toleransi tetap diberi skuat Mutiara Hitam saat Hari Raya Idul Fitri pertengahan Mei ini. Mereka bakal tetap meliburkan skuat beberapa hari untuk menghormati pilar Muslim.

Lantaran ada larangan mudik dari pemerintah di masa pandemi, jadi Mutiara Hitam membikin agenda sendiri nantinya di Batu. “Nanti kami akan rayakan Idul Fitri dengan keluarga Persipura di sini,” jelas mantan pelatih Persebaya Surabaya ini.

Perayaan itu jadi momen pengganti punggawa yang tidak mampu berjumpa langsung dengan keluarga. Sehingga mereka tidak merasa kesepian ketika momen itu.

Usai momen Idul Fitri, Mutiara Hitam langsung meneruskan persiapan lebih intensif. Uji tanding dengan tim selevel bakal lebih kerap dijalankan.

“Kalau uji coba dengan tim Liga 1 nanti dilakukan setelah Idul Fitri. Karena sekarang semua tim sudah libur. Nanti (08/05/2021) kami uji coba dengan tim Ricky Nelson Accademy U-20,” lanjutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *