Tercatat 48 Jiwa Melayang Di Kebakaran Pabrik Kembang Api Daerah Kosambi

Tercatat 48 Jiwa Melayang Di Kebakaran Pabrik Kembang Api Daerah Kosambi : Kepala Bidang Hubungan Masyatakat Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, korban jiwa dalam insiden kebakaran pabrik kembang api di kawasan Kosambi, Tangerang, Banten, Kamis, (26/10), bertambah satu orang. Jadi, hingga saat ini tercatat sebanyak 48 orang meninggal.

Tercatat 48 Jiwa Melayang Di Kebakaran Pabrik Kembang Api Daerah Kosambi

Argo menuturkan, korban terakhir teridetifikasi atas nama Nurhayati 20 tahun. Korban meninggal hari ini pukul 11.30 WIB akibat mengalami luka bakar yang cukup parah.

“Hasil penyelidikan terakhir jumlah korban bertambah dari 47 menjadi 48 orang, ada satu korban terjadi luka bakar hebat,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Sabtu, (28/10/2017).

Di tempat yang sama, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta menjelaskan, saat ini pihaknya juga tengah fokus mencari tiga karyawan yang belum ditemukan. Dari total 103 karyawan baru 100 orang yang sudah ditemukan dengan 48 jiwa meninggal dunia.

“Sementara itu kami masih mencari tiga korban yang belum teridentifikasi. Kami mengimbau kepada masyarakat apabila ada saudaranya yang belum di temukan silahkan datang ke rumah sakit,” kata Nico.

Dalam kasus ini, setelah mengumpul keterangan saksi, penyitaan barang bukti dan gelar perkara akhirnya tiga orang ditetapkan sebagai tersangka. Mereka yakni Indra Liyono sebagai pemilik PT Panca Buana Cahaya, Andri Hartanto Direktur Operasional Perusahaan Andria Hartanto, dan Ega Subarna seorang tukang las.

Namun, yang baru ditahan hanya Indra dan Andri sedangkan Ega Subarna masih dalam proses pencarian. Dugaan sementara Ega turut menjadi korban kebakaran yang belum terindentifikasi.

Indra dijerat Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan orang meninggal dan Pasal 74 juncto Pasal 183 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Sementara Andri dan Ega dikenakan Pasal 359 KUHP tentang Kelalaian yang Menyebakan Kematian dan Pasal 188 KUHP tentang Kelalaian yang Menyebabkan Kebakaran dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara.

Insiden kebakaran hebat melalap PT Panca Buana Cahaya Sukses di kawasan Kosambi, Tangerang, Banten, Kamis, (26/10/2017) sekitar pukul 10.00 WIB yang memiliki usaha dalam bidang pembuatan kembang api kawat. Akibatnya, sebanyak 47 orang meninggal dengan kondisi mengenaskan dengan tubuh gosong bahkan jenazah sudah sulit dikenali, sedangkan korban luka sebanyak 46 jiwa.