Setelah Operasi Tumor Otak Mampukah Melihat Dengan Normal

Setelah Operasi Tumor Otak Mampukah Melihat Dengan Normal : Setelah operasi tumor otak menggunakan metode keyhole (operasi lubang kunci) melalui alis mata, penglihatan yang kabur bisa pulih. Namun, penglihatan yang kembali pulih ini tergantung kondisi pasien yang bersangkutan.

Setelah Operasi Tumor Otak Mampukah Melihat Dengan Normal

Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, seperti kapan pasien memeriksakan mata yang kabur. Mata kabur termasuk salah satu gejala tumor otak. Bila pasien datang di awal-awal gejala tersebut muncul, penglihatan kabur tidak begitu parah.

Berbeda dengan pasien yang datang terlambat. Mata yang semakin kabur hingga tidak bisa melihat bisa menjadi pertanda tumor tersebut makin besar ukurannya.

Tumor yang semakin besar akan menekan saraf mata sehingga terjadi gangguan penglihatan, menurut dr Agus C Anab, SpBS dari tim medis Comprehensive Brain and Spine Centre National Hospital.

“Ini juga terkait dengan kualitas saraf mata. Meski sudah dioperasi, kalau saraf matanya sudah pucat, maka penglihatan tidak bisa sepenuhnya normal,” jelas dokter spesialis bedah saraf, yang akrab disapa dr Aca saat ditemui di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta, ditulis Senin (16/10/2017).

Dr Aca menceritakan, ada pasien tumor otak yang terlambat memeriksakan diri ke dokter. Pasien yang sudah tidak bisa melihat itu ternyata menderita tumor otak.

Operasi pengangkatan tumor otak sudah dilakukan tapi saraf mata pasien sudah pucat. Penglihatan pun tidak bisa dikembalikan.

Ada pengakuan dari pasien setelah menjalani operasi tumor otak. Penglihatan terasa jauh lebih baik daripada sebelum operasi.

Hal ini terjadi pada salah satu pasien dr Aca bernama Amelia Genial, 50 tahun. Pada tahun 2016, ia menjalani operasi tumor otak melalui alis mata. Gejala sebelum operasi, penglihatan Amelia kian kabur.

“Mata sebelah kiri saya kabur dan terasa seperti ada benjolan. Tapi setelah operasi, penglihatan saya jauh lebih baik,” ujarnya.

Sebelum penglihatan makin memburuk, dr Aca menyarankan, segera memeriksakan diri melalui pemeriksaan MRI (Magnetic resonance imaging) atau CT scan.

“Tumor yang berada di dasar atau tepi otak, dekat dengan saraf mata akan mengganggu penglihatan. Setelah pemeriksaan MRI atau CT scan, nanti langsung terlihat tumornya,” lanjut dr Aca.