Operasi Transplantasi Kepala Manusia Berjalan Sukses

Operasi Transplantasi Kepala Manusia Berjalan Sukses : Operasi transplantasi kepala manusia pertama di dunia akhirnya berjalan sukses. Namun, jangan salah kaprah dulu, operasi yang dimaksud ternyata masih dalam tahap uji coba.

Operasi Transplantasi Kepala Manusia Berjalan Sukses

Dr Sergio Canavero, pimpinan bedah transplantasi tersebut, baru saja melakukan bedah uji coba dengan melakukan transplantasi kepala mayat ke badan mayat lainnya.

Sebelumnya diwartakan, operasi yang memicu banyak kontroversi ini seharusnya bakal dilakukan di Amerika Serikat (AS). Namun, karena tidak didukung, operasi tersebut akan dilakukan di Tiongkok.

Canavero mengungkap mengapa pihaknya memilih Tiongkok. Alasannya tak lain karena ia juga melakukan transplantasi bersama dokter asal Tiongkok, yakni Dr Xiaoping Ren.

Xiaoping bukan orang baru di bidang transplantasi organ tubuh manusia. Dikabarkan, sampai saat ini ia telah berhasil melakukan transplantasi kepala tikus ke sebanyak 1.000 ekor tikus.

Selain itu, Canavero ingin menjadikan Tiongkok sebagai salah satu negara yang mampu menguasai segala bidang, termasuk transplantasi organ tubuh manusia.

“Amerika Serikat tidak pernah mengerti. Kesempatan seperti ini akhirnya jatuh pada Tiongkok. Presiden Xi Jinping juga berkata ingin mengembalikan kekuatan Tiongkok di semua bidang. Saya pun turut membantu dan berkontribusi, salah satunya ya dengan transplantasi ini,” ujar Canavero sebagaimana dilansir USA Today, Senin (20/11/2017).

Diketahui, uji coba bedah transplantasi berjalan selama 18 jam. Sayang, Canavero tidak mengungkap tingkat “keberhasilan” yang ia lakukan karena uji coba memang sebatas dilakukan pada mayat.

Canavero berkata, baik AS dan Eropa tidak mendukung transplantasi kepala manusia yang akan ia lakukan dalam kurun waktu satu bulan lagi. Para dokter lain tidak sependapat dengan Canavero bahwa kepala manusia bisa ditransplantasi secara utuh agar tetap bekerja di tubuh lain.

Mereka bahkan menjuluki Canavero dengan sebutan “Dr Frankenstein” karena obsesinya terhadap transplantasi organ tubuh manusia. Namun, Canavero justru menggubris tolakan tim medis dan tetap berniat untuk melakukan transplantasi kepala pertamanya di dunia. Transplantasi kepala manusia sungguhan sendiri akan berlangsung pda Desember 2017.