Masalah Konten GIF Di WhatsApp

Masalah Konten GIF Di WhatsApp : Menkominfo Rudiantara mengatakan, hal ini juga disebabkan karena operator seluler tidak melakukan pemblokiran secara bersamaan.

Masalah Konten GIF Di WhatsApp

“Kurator GIF Giphy sudah take down (konten negatifnya). Operator penyelenggara internet juga sudah memblokir Tenor, yang juga merupakan penyedia GIF di WhatsApp. Ini masalah timing saja,” papar Rudiantara.

Lebih lanjut, menteri yang karib disapa Chief RA ini mengibaratkan WhatsApp sebagai sebuah supermarket yang di dalamnya memiliki banyak produk.

“WhatsApp ibarat supermarket, ada yang jual sayur, buah. Kalau sayur atau buah busuk masa supermarket-nya diam saja? Nah, kami tidak menutup supermarket karena banyak orang yang masih belanja di dalamnya. Makanya, kita lakukan pemblokiran terhadap kurator GIF yang ada di WhatsApp,” jelasnya.

Selain itu, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Padjajaran ini juga mengatakan, Kemkominfo telah meminta kepada Facebook sebagai pemilik WhatsApp untuk tidak menutup mata terkait konten porno GIF yang disediakan oleh pihak ketiga.

Tanggapan Penyedia Konten GIF

Juru bicara Tenor, Jennifer Kutz, mengaku tengah menyelesaikan isu konten yang diprotes oleh pemerintah Indonesia. Selama ini, ucap dia, Tenor terus bekerja sama dengan berbagai entitas lokal untuk memastikan kontennya sesuai dengan adat istiadat, budaya, dan regulasi setempat.

“Kami akan mengatasi berbagai isu konten yang diajukan oleh pemerintah Indonesia dalam waktu 48 jam ke depan,” tutur Kutz seperti dikutip dari Reuters.

Sayangnya, Kutz menolak menyebutkan wilayah yang ada dalam pembatasan konten. Namun, ia memastikan para integrator Tenor akan memblokir hasil gambar yang berpotensi tidak pantas atau mengatur daftar istilah pencariannya.

Kutz juga menegaskan pihak Tenor akan bertanggung jawab atas berbagai masalah terkait kontennya, termasuk di WhatsApp. “Dalam kasus WhatsApp, kami akan bertanggung jawab,” tulis Kutz.