Dinkes DKI Akan Memanggil RS Mitra Keluarga, Terkait Kematian Deborah

Dinkes DKI Akan Memanggil RS Mitra Keluarga, Terkait Kematian Deborah : Pihak dari dinas Kesehatan DKI Jakarta akan menyelidiki pihak Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat. Hal tersebut dilakukan akibat tentang kasus kematian bayi berumur empat bulan yang bernama Tiara Deborah Simanjorang. Bayi malang itu diduga meninggal dunia karena terlambat mendapat perawatan.

Dinkes DKI Akan Memanggil RS Mitra Keluarga, Terkait Kematian Deborah

“Jadi (panggil RS Mitra Keluarga Kalideres). Kami memang sudah dapat keterangannya, sudah dapat press releasenya, tapi masih belum jelas,” kata Kepala Dinkes DKI Jakarta yaitu Koesmedi Priharto kepada wartawan, Minggu (10/9/2017).

Pihak RS Mitra Keluarga Kalideres akan diberi kesempatan memberi keterangannya dihadapan Dinkes DKI, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), serta lembaga lainnya terkait kasus tersebut.

Koesmedi menyatakan bahwa seharusnya pihak rumah sakit harus melakukan penanganan gawat darurat terlebih dahulu dalam kondisi keadaan yang dialami oleh bayi Deborah, meskipun rumah sakit tidak bermitra dengan BPJS Kesehatan.

“Seharusnya jika dalam keadaan gawat darurat rumah sakit harus melakukan penanganan terlebih dahulu. Kalau penanganannya berhasil ya biasanya hanya di ruang biasa, kalau tidak berhasil dan diperlukan peralatan untuk memaintain, supaya bisa stabil, maka di rawat di ruang khusus,” pungkas Koesmedi.

Sementara itu, pihak manajemen dari RS Mitra Keluarga dalam siaran pers yang dikeluarkan pada 7 September 2017 memberikan pernyataan bahwa pihaknya sudah memberikan tindakan penyelamatan jiwa, sesaat setelah Debora tiba di RS. Tindakan yang disebutkan berupa penyedotan lendir, pemasangan selang ke lambung dan intubasi (pasang selang nafas), lalu bagging (pemompaan oksigen dengan menggunakan tangan melalui selang nafas), infus, obat suntikan dan pemberian pengencer dahak.

Pihak dari RS Mitra Keluarga pun sudah menawarkan pihak keluarga agar Debora dirawat di PICU, namun pihak keluarga keberatan mengingat terkait kondisi keuangan. Sehingga, RS Mitra Keluarga membantu pihak keluarga Debora agar bisa dirujuk menuju RS yang memiliki kerja sama dengan BPJS.

Setelah berhasil mendapatkan RS sebagai rujukan, kondisi Debora tiba-tiba memburuk. Dokter sudah berusaha memberikan pertolongan resusitasi selama 20 menit namun nyawa Debora tidak bisa tertolong.