Dampak Dari Mengkonsumsi Kacang Secara Berlebihan

Dampak Dari Mengkonsumsi Kacang Secara Berlebihan : Kacang dikenal memiliki aneka manfaat yang hebat. Mulai dari meningkatkan kesehatan jantung, serta untuk melawan kanker hingga menekan resiko Alzheimer. Namun, jika jumlah kacang yang dikonsumsi berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Dampak Dari Mengkonsumsi Kacang Secara Berlebihan

Makan kacang, memang tidak perlu berlebihan. Untuk mendapatkan manfaat baik dari kacang, cukup makan kurang dari segenggam tangan. Misalnya dalam sehari hanya butuh maksimal 24 butir kacang almond, 14 butir kacang kenari, empat butir kacang Brasil.

Sayangnya, bagi sebagian orang mengonsumsi kacang itu begitu menyenangkan. Alhasil, terlalu banyak kacang yang diasup dalam sehari. Bila kebiasaan ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama, bakal ada dampak buruk yang terjadi bagi tubuh Anda.

Apa saja? Mengutip Prevention pada Rabu (20/9/2017) ini efek makan kacang berlebih.

Berat badan melonjak cepat

Ada banyak penelitian menyebutkan mengkonsumi kacang mampu membantu menurunkan berat badan. Namun, itu berlaku bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Jika mengonsumsi dalam jumlah lebih dari yang disarankan malah membuat berat badan melonjak lebih cepat.

Muncul masalah pencernaan

Pernah tidak usai makan kacang lalu merasa kembung? Jika iya, itu merupakan efek dari senyawa pada kacang bernama phytate dan tannin. Senyawa tersebut memang sulit dicerna oleh usus yang kemudian membuat perut jadi terasa tak nyaman.

“Agar tidak mengalami masalah kembung disarankan mengonsumsi kacang sesuai rekomendasi harian,” kata ahli nutrisi, Lily Nichols.

Rambut rontok, kuku rapuh, napas bau

Kondisi di atas merupakan gejala keracunan selenium gara-gara konsumsi kacang Brasil terlalu banyak. “Kacang ini kaya nutrisi selenium namun disarankan mengonsumsi lebih dari empat butir sehari,” kata Direktur Nutritional Research Foundation, Joel Fuhrman.