Menyongsong Kompetisi Liga 1: Pelatih Persebaya Surabaya berkeinginan Legiun Asing Timnya Pula Dapat Vaksin

Juru racik Persebaya Surabaya, Aji Santoso, berkeinginan semua anak didiknya mampu memperoleh dosis vaksin Corona. Artinya, termasuk empat legiun asing yang saat ini terdaftar sebagai punggawa Bajol Ijo.

Keempat pilar itu yakni Taisei Marukawa (Jepang), Jose Wilkson (Brasil), Alie Sesay (Inggris/Sierra Leone) dan Bruno Moreira (Brasil). Usai berlabuh ke Bajol Ijo, mereka belum pula memperoleh dosis vaksin.

“Kalau bisa memang secepatnya. Nanti saya akan bicara sama manajemen. Bagaimana pemain asing kita bisa secepatnya mendapat vaksin,” jelasnya pelatih asal Malang tersebut.

Nasib mereka memang berbeda dengan para pilar lokal. Punggawa yang bermain di Piala Menpora 2021 sudah dua kali memperoleh jatah vaksin. Namun beberapa amunisi lain seperti Johan Yoga akhirnya menyusul melengkapi dosis vaksin yang diperlukan.

“Tentu ini hal yang bagus. Mudah-mudahan dengan vaksin ini, kondisinya lebih fit artinya bisa terhindar dari Covid-19,” ujar pelatih Persebaya Surabaya tersebut.

Selain Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sekarang diperpanjang sampai 09 Agustus, pemerintah pula terus menggencarkan program vaksinasi. Dua faktor itu dinilai tepat untuk mengurangi kasus positif Corona.

Di lingkungan sepak bola nasional, vaksinasi pula sudah diberikan secara menyeluruh. Nahkoda, punggawa dan staf dari tim-tim Liga 1 yang mengikuti Piala Menpora 2021 sudah memperoleh dua kali dosisi vaksin.

Faktor itu seharusnya sudah cukup untuk melindungi para pelaku sepak bola Indonesia ketika berlaga. Apalagi mereka pula bakal tampil dengan format ajang semi-bubble meski melakoni ajang semusim penuh.

Turnamen pramusim lalu pula mampu dijadikan tolak ukur protokol kesehatan yang diterapkan sebelum, saat dan sesudah laga. Dengan keberhasilan Piala Menpora 2021, sudah tidak ada alasan untuk menunda ajang musim ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *