Persipura Jayapura Bermain Di Ajang Piala AFC, Pelatih Mutiara Hitam Kepikiran Hingga Dibawa-Bawa ke Rumah Tangga

Juru racik Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago penuh harapan klubnya mampu melaju sejauh mungkin di Piala AFC meskipun diakuinya Boaz Salossa dan rekan-rekan belum selevel dengan tim-tim di Asia.

Mutiara Hitam dan Bali United bakal bermain pada gelaran Piala AFC dalam waktu dekat. Belakangan, menyusul mundurnya Singapura sebagai host membikin panitia wajib mengganti tempat laga yang tersentralisasi.

Arsitek asal Brasil itu sebelumnya sengaja membawa anak didiknya berlatih di Jakarta supaya mampu beradaptasi di lapangan sintetis. Tetapi lantaran tidak jadi dihelat di Singapura, menu itu sedikit diubah.

“Saya akan tetap melanjutkan program latihan di Jakarta sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari AFC mengenai venue pertandingan. Mungkin nanti akan akan pindah TC, tapi yang jelas, program latihan yang sudah ada akan tetap lanjut,” kata Jacksen dalam wawancara via zoom bersama awak media.

Lebih jauh, nahkoda berusia 53 tahun itu menerangkan bahwa meskipun skuatnya tidak selevel dengan tim-tim Asia dan walaupun persiapannya serbakurang ideal, dirinya penuh harapan mampu melaju sejauh mungkin.

“Seratus persen optimistis. Meskipun tahu diri kemampuan kita saat ini tidak seperti apa yang saya harapkan, tapi saya merasa optimisme saya yang paling tinggi di Persipura. Itu yang jadi motivasi saya tiap hari.”

“Sampai kadang membawa masalah itu ke dalam rumah tangga saya,” kata Jacksen F Tiago lagi.

Soal persiapan tim besutan Jacksen F. Tiago itu sejauh ini, mereka menelan sejumlah hasil yang beragam pada beberapa partai uji tanding. Taktik dan teknik bakal terus digenjot hingga kick-off seraya membenahi kekurangan yang ada.

Disinggung tentang peta persaingan di Grup H yang berisikan Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam), eks pelatih Barito Putera itu merasa semua klub punya kesempatan yang sama.

“Semua klub punya peluang yang sama. Dari aspek persiapan kami tertinggal. Tapi ketika bola bergulir Persipura tetap mencanangkan yang terbaik,” kata Jacksen.

“Pengalaman dan kesalahan pada uji coba akan jadi evaluasi. Seperti lawan Persik Kediri, kalau lawan kami level AFC habis kita.”

“Lalu pada saat Persipura bertanding di Liga Champions Asia, kami sudah belajar banyak agar tidak melakukan kesalahan. Maka dari itu, penting untuk belajar dari pengalaman tersebut.”

– 29/06/2021 – Kedah Darul Aman Vs Persipura Jayapura.
– 02/07/2021 – Persipura Jayapura Vs Lion City Sailors.
– 05/07/2021 – Saigon FC Vs Persipura Jayapura.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *