Menjelang Kompetisi Liga 1: PSIS Semarang Menggeber Latihan Taktik dan Komunikasi

Tim PSIS Semarang secara pelan-pelan lebih banyak menggeber latihan taktik dalam persiapannya meladeni Liga 1 musim 2021/2022. Selama dua pekan sebelumnya, tim asal Kota Lumpia itu fokus pada pemulihan kondisi fisik para amunisinya.

Seperti yang diadakan ketika sesi latihan Mahesa Jenar di Kendal, Selasa (08/06/2021). Nahkoda kepala Dragan Djukanovic memberi porsi simulasi taktik dengan berdasarkan evaluasi internal game akhir pekan lalu.

Juru racik kelahiran Montenegro itu membagi skuat dalam beberapa kelompok. Antarkelompok diminta untuk mengadakan simulasi serangan dan bertahan dengan aturan cuma beberapa sentuhan agar pola permainan lebih cepat dan efektif.

“Kami memberikan simulasi game taktik. Utamanya terkait organisasi permainan, zone bertahan, dan transisi. Anak-anak melaksanakan latihan dengan bagus,” beber Dragan Djukanovic.

Juru latih berusia 51 tahun itu pula memasuki tahap meninggikan komunikasi antarpilar dalam laga. Komunikasi menjadi satu diantara faktor yang baginya amat berharga dalam memaksimalkan skema permainan.

“Komunikasi antar pemain sudah bagus, tapi terkadang masih ada problem. Kedepannya kami akan terus tingkatkan, terutama terkait komunikasi antar zona,” tutur pelatih PSIS Semarang asal Serbia tersebut.

Nahkoda asal Serbia itu mengakui para pilar sudah mengalami peningkatan sesuai apa yang diharapkannya. Komunikasi dalam sebuah laga disebutnya menjadi penentu kualitas permainan.

Di sisi lain, skuad punggawa lokal Mahesa Jenar mulai menyusul ke Semarang dan ikut berlatih. Teranyar adalah winger Fandi Eko Utomo yang telah berlabuh, meskipun masih latihan terpisah untuk mengembalikan kebugarannya.

“Hasil dari proses sebuah permainan 70 persen ditentukan oleh komunikasi antarpemain di lapangan. Pemain harus berani teriak seperti cover, pressing, passing, dan lainnya. Sekarang sudah bagus, tapi ke depan harus lebih bagus,” pungkas Dragan Djukanovic.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *