Robert Alberts Mendukung PSSI Menutup Buku Kompetisi Liga 1, Menghelat Musim Anyar

Ajang Shopee Liga 1 Indonesia sampai saat ini belum jelas kapan bakal digulirkan usai tertunda sejak Maret 2020 akibat wabah virus Corona.

Berita yang beredar, gelaran 2020 dimandekkan dan bakal masuk mulai Liga anyar pada 2021 dengan kick-off Maret 2021.

Menanggapi berita itu, juru racik Persib Bandung, Robert Alberts menyatakan amat sepakat kalau PSSI dan PT LIB memandekkan Liga 2020, apalagi telah mandek sejak Maret 2020.

“Saya sudah berbicara sejak Desember lalu karena ketidakjelasan maka seharusnya kami menghentikan liga 2020. Apalagi sudah masuk tahun 2021,” jelas Robert saat dihubungi awak media Senin (18/01/2021).

Selain itu, kondisi saat ini pun tidak jelas sebab masih pademi. Menurut pelatih asal Belanda ini, itu tidak apik untuk meneruskan Liga 1 2020.

“Jadi tidak bagus untuk memulai lagi liga 2020 tahun 2021. Pada waktu yang bersamaan juga jangan lupakan Piala Indonesia/turnamen domestik) karena saya hanya mendengar masukan soal liga,” kata Robert.

“Saya belum melihat ada masukan mengenai Piala Indonesia, padahal ini adalah cara kedua bagi klub Indonesia maju ke kompetisi AFC tapi tidak pernah disebut. Saya pikir Piala Indonesia harus tetap diperhatikan, karena di negara lain Piala FA adalah turnamen penting kedua setelah liga,” tambah pelatih asal Belanda ini.

Menurut eks nahkoda PSM Makassar ini, konsep mengadakan Liga 1 pada bulan Maret sangat cepat lantaran tim belum berlatih dan banyak masih mencari leguin asing anyar.

“Kami berbicara soal kualitas liga, antusiasme untuk suporter dan standar dari sepak bola Indonesia dalam platform yang lebih besar. Karena jangan lupa banyak orang yang membicarakan sepak bola Indonesia ketika dimulai lagi (musim 2017) dan Persib Bandung mendatangkan pemain besar seperti Michael Essien, itu menarik perhatian dunia untuk melihat sepak bola di Indonesia,” tutur Robert.

Arsitek berusia 66 tahun itu menambahkan, kalau Liga 1 2021 dimulai Maret, tim pasti bakal susah. Ditambah lagi, amunisi tidak tampil selama setahun.

“Jika di musim yang normal, pemain berlibur selama 6-8 pekan dan setelah itu latihan pramusim juga berjalan 6-8 pekan. Itu karena kondisi tidak terlalu menurun. Tapi sekarang kami tidak bermain selama satu tahun,” kata Robert.

Butuh diingat pula, selama ini susahnya berlatih di Indonesia dengan kondisi seperti saat ini lantaran Corona dan tidak gampang menghelat uji coba atau latih tanding.

“Jadi jika ada masukan liga bergulir Maret, saya rasa itu terlalu cepat,” ungkap Robert mengakhiri.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *